Sergio sering kesel gak sih kalau lagi bahas JDM di internet
tiba-tiba ada bocil Supra yang nanyain “5uPr4 M4nA B4nG??” atau “K3nC3nGaN
5uPr4 L4h bang!”. Jujur gue sendiri juga kesel apalagi supra ini di dunia nyata
harganya digoreng abis-abisan. Mobil tua yang kalau gue liat bentuknya kaya
lele ini sering banget dijual dengan harga ghoib alias ga nentu. Yang gue tau
sih, orang-orang pada jual diharga 2 Milyar Rupiah keatas, tapi ada satu acara
lelang dimana supra ini laku dengan harga 550.000 USD atau sekitar 7,7 M
Rupiah. Alamakkkkk
Supra mobil lambat?
Kita ga akan bahas sejarah Toyota Supra yang panjang itu, itu akan kita bahas nanti. Gue mau kita fokus ke supra MK4 dulu. Toyota Supra MK4 lahir pada 1993. Supra lahir di masa Indutri JDM ada di puncak kejayaannya. Pabrikan jepang lain punya gacoannya tersendiri seperti Mazda punya RX7, Nissan punya 300ZX dan Honda yang punya NSX. Supra MK4 dikenal juga dengan nama Supra A80 karena kode bodi mobil ini adalah A80. Toyota menggunakan kode bodi MK4 atau MK IV untuk pasar Amerika serikat. Filosofi “Less is More” menjadi daya jual Toyota saat itu untuk memasarkan Supra. Apa maksudnya “Less is More”?Toyota Supra diketahui memiliki bodi yang lebih ramping dan sudah melaksanakan diet hingga berkurang 91 kg dibanding dengan pendahulunya. Memiliki bentuk yang sangat berbeda di zamannya untuk mendukung aerodinamis yang lebih baik. Bodynya emang keliatan bagus dan cantik serta jauh lebih keren dari pendahulunya (Menurut gue ya). Tapi isi dalamnya gimana?
Mesin yang dipakai Supra MK4 adalah mesin 3.0L 2JZ-GE Naturally Aspirated dengan tenaga 220 hp @5.800 rpm dan torsi 285nm @4.800 rpm. Sedangkan untuk versi turbo memakai 3.0L 2JZ-GTE yang bisa mengeluarkan tenaga 276 hp serta torsi 431 nm. Toyota juga memasarkan Supra MK4 ke Amerika Serikat. Unit yang akan dikirim ke Amerika akan dilakukan upgrade lagi dan menghasilkan 320 hp @5.600 rpm dan torsi 427nm @4.200 rpm. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar Amerika yang suka mobil dengan tenaga besar. Kapan-kapan kita bahas deh kenapa orang Amerika suka mobil yang tenaganya gede. Mobil ini juga dilengkapi dengan 2 varian transmisi yaitu transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.
Dari jantung pacu, mari kita beralih ke bagian kaki. Supra MK4 dengan varian NA menggunakan roda berukuan 16 inci, sedangkan versi turbonya sedikit lebih besar dengan ukuran 17 inci. Kenapa kok makin besar? Hal ini dilakukan toyota supaya komponen rem yang lebih besar bisa masuk dan muat disana. Karena versi turbo punya tenaga lebih, pasti remnya pun harus lebih besar effortnya. Ga bisa pakai rem senin-kamis punya vario. Untuk ukuran bannya adalah 235/45/17 untuk bagian depan dan 255/40/17 untuk bagian belakang.
Toyota juga banyak menambahkan part alumunium agar Supra MK4 tidak terlalu gendut. Tadi udah disebut juga diatas kalau Supra udah diet sampai 91kg dibanding generasi sebelumnya. Untuk mesin Naturally Aspirated antara varian manual dan matic ternyata beratnya beda lho, varian manual ada di sekitar 1,456kg sedangkan matic nambah 25kg sedangkan untuk versi targa (atap terbuka) nambah 18kg lagi. Dan untuk mesin turbo beratnya adalah 1,565 kg untuk transmisi manual dan nambah 4.5kg untuk versi matic nya.
Komentar
Posting Komentar