KENAPA SUPRA MK4 DIPUJA-PUJA!? FOMO?


    Sergio sering kesel gak sih kalau lagi bahas JDM di internet tiba-tiba ada bocil Supra yang nanyain “5uPr4 M4nA B4nG??” atau “K3nC3nGaN 5uPr4 L4h bang!”. Jujur gue sendiri juga kesel apalagi supra ini di dunia nyata harganya digoreng abis-abisan. Mobil tua yang kalau gue liat bentuknya kaya lele ini sering banget dijual dengan harga ghoib alias ga nentu. Yang gue tau sih, orang-orang pada jual diharga 2 Milyar Rupiah keatas, tapi ada satu acara lelang dimana supra ini laku dengan harga 550.000 USD atau sekitar 7,7 M Rupiah. Alamakkkkk

Supra mobil lambat?


    Kita ga akan bahas sejarah Toyota Supra yang panjang itu, itu akan kita bahas nanti. Gue mau kita fokus ke supra MK4 dulu. Toyota Supra MK4 lahir pada 1993. Supra lahir di masa Indutri JDM ada di puncak kejayaannya. Pabrikan jepang lain punya gacoannya tersendiri seperti Mazda punya RX7, Nissan punya 300ZX dan Honda yang punya NSX. Supra MK4 dikenal juga dengan nama Supra A80 karena kode bodi mobil ini adalah A80. Toyota menggunakan kode bodi MK4 atau MK IV untuk pasar Amerika serikat. Filosofi “Less is More” menjadi daya jual Toyota saat itu untuk memasarkan Supra. Apa maksudnya “Less is More”?

    Toyota Supra diketahui memiliki bodi yang lebih ramping dan sudah melaksanakan diet hingga berkurang 91 kg dibanding dengan pendahulunya. Memiliki bentuk yang sangat berbeda di zamannya untuk mendukung aerodinamis yang lebih baik. Bodynya emang keliatan bagus dan cantik serta jauh lebih keren dari pendahulunya (Menurut gue ya). Tapi isi dalamnya gimana?




    Mesin yang dipakai Supra MK4 adalah mesin 3.0L 2JZ-GE Naturally Aspirated dengan tenaga 220 hp @5.800 rpm dan torsi 285nm @4.800 rpm. Sedangkan untuk versi turbo memakai 3.0L 2JZ-GTE yang bisa mengeluarkan tenaga 276 hp serta torsi 431 nm. Toyota juga memasarkan Supra MK4 ke Amerika Serikat. Unit yang akan dikirim ke Amerika akan dilakukan upgrade lagi dan menghasilkan 320 hp @5.600 rpm dan torsi 427nm @4.200 rpm. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar Amerika yang suka mobil dengan tenaga besar. Kapan-kapan kita bahas deh kenapa orang Amerika suka mobil yang tenaganya gede. Mobil ini juga dilengkapi dengan 2 varian transmisi yaitu transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

    Dari jantung pacu, mari kita beralih ke bagian kaki. Supra MK4 dengan varian NA menggunakan roda berukuan 16 inci, sedangkan versi turbonya sedikit lebih besar dengan ukuran 17 inci. Kenapa kok makin besar? Hal ini dilakukan toyota supaya komponen rem yang lebih besar bisa masuk dan muat disana. Karena versi turbo punya tenaga lebih, pasti remnya pun harus lebih besar effortnya. Ga bisa pakai rem senin-kamis punya vario. Untuk ukuran bannya adalah 235/45/17 untuk bagian depan dan 255/40/17 untuk bagian belakang.

    Toyota juga banyak menambahkan part alumunium agar Supra MK4 tidak terlalu gendut. Tadi udah disebut juga diatas kalau Supra udah diet sampai 91kg dibanding generasi sebelumnya. Untuk mesin Naturally Aspirated antara varian manual dan matic ternyata beratnya beda lho, varian manual ada di sekitar 1,456kg sedangkan matic nambah 25kg sedangkan untuk versi targa (atap terbuka) nambah 18kg lagi. Dan untuk mesin turbo beratnya adalah 1,565 kg untuk transmisi manual dan nambah 4.5kg untuk versi matic nya.
 
    Peforma dari supra sendiri ga bisa dianggap sebelah mata. 0-100 km/jam bisa ditempuh dengan waktu 4,6 detik (lebih cepat dari avanza dan sigra wkwk). Top speed yang diraih untuk varian turbo adalah 257 km/jam tapi dengan peraturan Jepang saat itu soal pembatasan kecepatan, maka Supra MK4 dilimit kecepatannya menjadi hanya 180 km/jam. Alamak lelet banget untuk kelas sportcar.

Kenapa Supra MK4 dipuja-puja? FOMO?


    Toyota Supra saat ini sudah mencapai generasi ke 5 dengan generasi terakhirnya keluar pada tahun 2019 dengan kode body J29 atau Toyota menyebutnya A90. Tapi kebanyakan orang tetap nyebutnya sebagai Supra MK5 didasarkan pada generasi sebelumnya yang disebut sebagai Supra MK4. Supra MK5 sebagai generasi terbaru justru mendapat lebih sedikit perhatian dibanding generasi sebelumnya yang legendaris. Kenapa Supra MK4 lebih banyak peminat bahkan sampai diagung-agungkan oleh para “bocil JDM”?
 
    Menurut hasil penelitian gue (keren amat ya). Gue buat kesimpulan kenapa bisa mobil lele ini diagung-agungkan tak lain dan tak bukan karena film Fast n Furios. Supra ini jadi mobil karakter utama di film Fast n Furious yaitu Brian O`Conner yang diperankan oleh Paul Walker. Seperti yang kita tau, Paul Walker ini punya peran yang sangat krusial. Semenjak kematiannya pada saat shooting Fast n Furios 7, nama Paul Walker serta Brian O`Conner menjadi sangat naik dan semua hal yang berkaitan dengannya juga ikutan naik termasuk beberapa dari mobilnya yang pernah dipakai shooting seperti Toyota Supra warna oranye atau Nissan GTR 34 dengan livery strip biru.
 



    Selain karena dipakai shooting film, Supra ini juga dikenal karena kemudahannya untuk dilakukan modifikasi terutama tuning mesin menjadi lebih kuat. Salah satu yang paling menggemparkan adalah tuner asal Jepang bernama Kazuhiko Smokey Nagata. Ia diketahui pernah membuat Toyota Supra bisa tembus kecepatan 357 km/jam saat dicoba di salah satu sirkuit Italia. Ia juga pernah membawa supra nya di salah satu jalan tol Inggris dan hal itulah yang membuat Smokey Nagata ditangkap kepolisian Inggris, ia bahkan mendapatkan sanksi tidak boleh ke inggris selama 10 tahun. Tapi, Smokey Nagata tidak terlalu suka dengan mesin 2JZ bawaan Toyota Supra. Ia akhirnya mengganti mesin tersebut dengan mesin RB26 milik Nissan Skyline R34. Salah satu yang paling legendaris adalah Toyota Supra Top Secret yang menggunakan mesin V12 dengan kemampuan 1000HP.
 
    Ada banyak lagi pabrikan tuner mesin yang membuat Supra bisa bersaing dengan mobil hypercar sesungguhnya. Menurut sergio, apa sih hal yang paling masuk akal kenapa Supra ini bisa dipuja-puja? Bahkan Supra ini kalah terus dengan Nissan Skyline R34 dalam setiap ajang balap di Jepang. Aneh ya, udah lemot dan ga banyak prestasi tapi malah banyak yang ngegoreng. Hadehhh, Sergio bisa komen ya alasan yang paling masuk akal kenapa Supra layak dipuja. See you next time!

Komentar